Kamis, 17 Januari 2013

Linux Knoppix (Tugas)




KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb..
Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayahnya kami kelompok 3 dapat menyelesaikan tugas kelompok yakni makalah yang menyangkut dengan Linux Knoppix ini dengan tepat waktu.
Makalah ini kami buat untuk memberikan informasi mengenai Linux Knoppix kepada saudara/saudari agar lebih mengetahui lagi mengenai Linux Knoppix.
Demikian kami ucapkan, lebih dan kurangnya makalah ini harap dimaklumi.
Terima Kasih..
Waalaikumsalam Wr.Wb..


                                                                                                                                                                Kelompok 3


Daftar isi :                                                            Halaman

  • Pendahuluan………………………………………………………………………….. 1
  • Pembahasan………...………………………………………………………………... 2
  • Linux Knoppix ……………………………………………………………….………. 3
  • Cara Kerja Knoppix …………………………………………………………………. 4
  • Versi-versi Linux Knoppix..………………………………….…………………………5
  •  Persyaratan Penggunaan Linux Knoppix .……………………….………….....………..6
  • Aplikasi Linux Knoppix……………………………………………………………….. 7
  • Kelebihan dan Kekurangan Linux Knoppix ……………………………...……………. 9
  • Kritik dan Saran ……………………………………………………............……....... 10
  • Kesimpulan ………………..………………………………………………………… 11
  • Daftar Pustaka ………………………………………………………………………. 12


PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan komputer saat ini semakin maju. Pada pengguna komputer di indonesia saat ini kebanyakan menggunakan sistem operasi buatan dari microsoft, yaitu microsoft windows. hal itu wajar saja terjadi, karena sistem operasi windows lebih dulu hadir di Indonesia ketimbang sistem operasi linux. Sistem operasi windows harus menggunakan lisensi, sedangkan linux tanpa menggunakan lisensi atau bisa di bilang gratis.
Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
1.2   Identifikasi topik
  1. Pengertian tentang linux
  2. Pengertian Linux Knoppix
  3. Kelebihan dan Kekurangan Linux Knoppix
  4. Aplikasi Linux Knoppix
1.3  Tujuan pembahasan topik
  1. Untuk mengetahui pengertian tentang linux
  2. Untuk mengetahui pengertian Linux Knoppix
  3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Linux Knoppix
  4. Untuk mengetahui Aplikasi pada linux Knoppix

PEMBAHASAN
1.    Pengertian LInux
   Linux adalah  software sistem operasi open source yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan lebih tinggi.  Sistem operasi ini gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
2.    Distro Linux
Distro Linux/Distribution Linux berarti penyebaran paket Linux, paket unix yaitu kumpulan software, instalasi, tampilan beserta konfirmasi yang terkait untuk menjalankan system operasi Linux. Seperti  Red Hat Linux, Debian Linux Mandrake,  Linux/Mandriva, Suse Linux, Xandros Linux, Gentoo Linux,  Knoppix Linux, Ubuntu Linux, Fedora Free BSD, CentOS Turbo Linux Linux Mint, PcLinuxOS Sabayon Linux, Damn Small Linux{DSL}, Linspire, Freespire, Zencafe Trustix Merdeka Blankon
Berikut ini beberapa Distro turunan Debian :
1.    Demo Linux
2.    Gibraltar
3.    Knoppix
4.    Libranet
5.    Linex
6.    Stromix
A.   Linux Knoppix

1.    Pengertian
Knoppix merupakan distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue.
Knoppix, atau KNOPPIX (diucapkan / kənɒpɪks /, kə-NOP-iks adalah sebuah sistem operasi berbasis Debian yang dirancang untuk dijalankan langsung dari CD / DVD (Live CD) dan sebuah kunci USB (Live USB), salah satu yang pertama dari jenisnya untuk sistem operasi apapun, yang terdiri dari perwakilan koleksi GNU / Linux software, deteksi hardware otomatis, dan dukungan untuk banyak kartu grafis, sound card, perangkat SCSI dan USB dan perangkat lain.
Knoppix dapat digunakan sebagai sistem Linux produktif untuk desktop, CD pendidikan, sistem penyelamatan, atau diadaptasi dan digunakan sebagai platform untuk demo produk software komersial. Hal ini tidak perlu menginstal apapun pada hard disk. Karena untuk on-the-fly decompression, CD dapat memiliki hingga 2 GB of executable software yang diinstal di atasnya (lebih dari 8GB pada DVD "Maxi" edition).
Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Knoppix memiliki ragam aplikasi yang cukup lengkap dan dapat dipergunakan sebagai demo atau sarana belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard disknya. Knoppix juga dapat dipergunakan sebagai CD rescue.
Meskipun Knoppix terutama dirancang untuk digunakan sebagai Live CD, juga dapat diinstal pada hard disk seperti umumnya sistem operasi. Komputer yang mendukung boot dari perangkat USB dapat memuat Knoppix dari USB flash drive atau kartu memori.
Ada dua edisi utama Knoppix: edisi tradisional Compact Disc (700 megabyte) dan edisi DVD (4,7 gigabyte) "Maxi". Masing-masing edisi utama memiliki dua edisi khusus bahasa: Inggris dan Jerman. Knoppix kebanyakan gratis dan merupakan perangkat lunak open source.

2.    Cara Kerja Knoppix
Knoppix merupakan distribusi yang tergolong unik. Jika distribusi lain memerlukan instalasi untuk penggunaannya, Knoppix tidak memerlukan instalasi.
                   
3.    Versi Linux Knoppix
Sejak April 2008, mulai versi 4 sampai 5.1.1, Knoppix diedarkan dalam edisi DVD "maxi" (sekitar 9GB perangkat lunak), dan edisi CD "light", keduanya dikembangkan bersamaan.
Berikut ini adalah sejarah versi / rilis.
Versi Knoppix
Tanggal Rilis
CD
DVD
1.4
Ya
Tidak
1.6
Ya
Tidak
2.1
Ya
Tidak
2.2
Ya
Tidak
3.1
Ya
Tidak
3.2
Ya
Tidak
3.3
Ya
Tidak
3.4
Ya
Tidak
3.5 LinuxTag-Version
Juni 2004
Tidak
Ya
3.6
Ya
Tidak
3.7
Ya
Tidak
3.8 CeBIT-Version
Ya
Tidak
3.8.1
Ya
Tidak
3.8.2
Ya
Tidak
3.9
Ya
Tidak
4.0 LinuxTag-Version
Tidak
Ya
4.0 updated
Tidak
Ya
4.0.2
Ya
Ya
5.0 CeBIT-Version
Tidak
Ya
5.0.1
Ya
Ya
5.1.0
Ya
Ya
5.1.1
Ya
Ya
5.2 CeBIT-Version
March 2007
Tidak
Ya
5.3 CeBIT-Version
Tidak
Ya
5.3.1
Tidak
Ya
ADRIANE



6.0.0
28 January 2009
Ya
Tidak
6.0.1
8 February 2009
Ya
Tidak
6.1 CeBIT-Version
25 February 2009
?
Ya

"Microknoppix" adalah penulisan ulang lengkap dari sistem boot KNOPPIX dari versi 6.0 dan ke atas, dengan fitur berikut:
  1. Kompatibilitas tinggi dengan basis Debian: Selain dari file-file konfigurasi, tidak ada yang berubah di Debians instalasi standard.
  2. Prosedur boot Accellerated: Terlepas dari SysV bootscripts biasa, banyak tugas dari inisialisasi sistem dijalankan secara paralel, sehingga desktop interaktif dicapai sangat cepat.
  3. LXDE digunakan sebagai lingkungan grafis, yang sangat ramping dan cepat desktop dengan sangat pendek starttime dan kebutuhan sumber daya yang rendah. Karena basis GTK2, LXDE bekerja sama dengan baik dengan screenreader Orca.
  4. Jumlah perangkat lunak yang diinstal telah sangat berkurang dalam CD-versi pertama, sehingga berdasarkan remasters kustom CD adalah memungkinkan lagi. Pada edisi DVD, KDE4 dan Gnome dengan banyak aplikasi yang berasal dari desktop populer ini tersedia.
  5. Konfigurasi jaringan sedang ditangani oleh NetworkManager dengan nm-applet dalam mode grafis, dan tekstual GUI di textmode (kompatibel untuk Debians spesifikasi /etc/network/interfaces).
  6. Sebuah gambar untuk terus-menerus menyimpan pengaturan pribadi dan tambahan program diinstal, KNOPPIX/knoppix-data.img, didukung pada perangkat boot, opsional dienkripsi dengan AES/256bit. Secara umum, instalasi sebagai sistem hidup flash disk dianjurkan.

Versi Knoppix 6.2 menggunakan kernel Linux 2.6.31.6 dan teknik pemrosesan secara paralel untuk booting sehingga ia mampu mempercepat proses awal menghidupkan komputer (booting) secara signifikan. Sebagai lingkungan desktop distro ini menggunakan desktop kelas bulu yang ringan yaitu "Lightweight X11 Desktop Environment (LXDE)" berbasis Xorg 7.4.
Untuk versi DVD, ia menyediakan alternatif desktop KDE dan GNOME disamping desktop standar LXDE. Semunya mampu beraksi 3D dengan menjalankan Compiz-Fusion yang juga merupakan bagian dari segudang paket yang disertakan. Untuk urusan perkantoran tersedia OpenOffice.org, browser Iceweasel (Firefox) untuk berselancar, GIMP untuk mengolah grafis dan sebagai penghibur multimedia disediakan MPlayer Multimedia System.
Disamping Screenreader Orca, Knoppix 6.2 juga mengadopsi "Audio Desktop Reference Implementation and Networking Environment (ADRIANE)", yaitu sebuah sistem bicara yang membunyikan teks dalam bentuk suara. Ia dapat diaktifkan saat proses booting membantu pengguna berkomunikasi dengan komputer tanpa melihat monitor.

        Knoppix juga dapat dipindahkan ke USB Flash-Drive yang bisa langsung dibooting dan mendukung penyimpanan data "persistent".

         Media Knoppix 6.2 tersedia baik dalam versi CD (LXDE dan Adriane) maupun DVD (LXDE) masing-masing untuk edisi bahasa Inggris dan bahasa Jerman.




PERSYARATAN :

Persyaratan untuk menjalankan Knoppix :
  • Prosesor Intel yang kompatibel (i486 atau yang lebih baru)
  • 32 MB RAM untuk mode teks, setidaknya 64 MB untuk mode grafis dengan LXDE (setidaknya 128 MB RAM direkomendasikan untuk menggunakan berbagai produk kantor)
  • Bootable CD-ROM drive, atau boot floppy dan standard CD-ROM (IDE / ATAPI atau SCSI)
  • Standar SVGA-kartu grafis yang kompatibel
  • Serial atau PS / 2 mouse atau IMPS/2-compatible standar USB-mouse

APLIKASI :
Didalam linux knoppix telah terdapat aplikasi office seperti word processing, spread sheet dan presentations. Fungsi-fungsi tersebut dibundle oleh software yang bernama Openoffice. Dari tampilan memang sedikit berbeda dengan Office keluaran Microsoft. Namun, dari sisi penggunaan dan fitur bisa dibilang hampir sama dengan yang ada di Microsoft Office. Berikut ini adalah padanan yang ada di Microsoft Office dengan yang ada di OpenOffice :
- Microsoft Office - OpenOffice
- Microsoft Word - OpenOffice Writer
- Microsoft Excel - OpenOffice Calc
- Microsoft Powerpoint - OpenOffice Impress
Selain Openoffice, didalam linux knoppix juga terdapat KOffice. Software ini merupakan satu paket dengan GUI KDE.

Linux knoppix telah menyediakan aplikasi audio player seperti XMMS untuk dipakai memainkan musik dari file mp3 atau dari cd audio. Jika ingin menonton film dari VCD atau DVD, bisa menggunakan Xine Media Player. Untuk user yang biasa bekerja dengan gambar, Linux Knoppix menyiapkan Kpaint dan Gimp. Fungsi Gimp mirip dengan fungsi dari Adobe Photoshop.

Untuk browsing di internet, Linux Knoppix menyediakan aplikasi mozilla dan conqueror. Sedangkan untuk email client, bisa menggunakan Ximian Evolution.
Linux Knoppix memiliki banyak kelebihan, diantaranya :
Tidak perlu di install ke dalam harddisk, cukup boot lewat CD. Mudah digunakan, tidak perlu meng-install driver hardware (auto detect)
              Didalamnya ada banyak aplikasi untuk berbagai keperluan yang bisa langsung digunakan tanpa perlu meng-Install.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX KNOPPIX :
A.   Kelebihan Linux Knoppix :
-       Tidak memerlukan perangkat keras yang mahal. Knoppix dapat berjalan pada computer PC dengan konfigurasi.
1.    Kompatibel dengan prosesor Intel Pentium, 350 MHz atau lebih.
2.    128 MB RAM atau lebih.
3.    IDE atau atau SCSI CD-ROM drive
4.    (atau) 3.5 "floppy drive plus non-bootable CD-ROM"
5.    monitor yang mampu ber-resolusi 800x600 pixel
6.    kartu grafis SVGA yang kompatibel
7.    serial mouse, atau PS/2 mouse atau mouse USB
-       knoppix merupakan system operasi Linux yang bebas dan terbuka. Sehingga dapatr dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli dan menggunakannya.
-       Preemptive multitasking, yaitu menangani banyak proses secara bersamaan, namun semua proses tersebut tidak saling menghambat.
-       Multitasking, yaitu lebih dari satu orang dapat menggunakan program yang sama atau berbeda dari satu mesin pada saat bersamaan di terminal yang sama ataupun terminal yang berbeda.

B.   Kelemahan Linux Knoppix :
-       Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard-disk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux.
-       Karena sistem ini sangat berbeda dengan Windows, banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux. oleh karena itu, masih diperlukan edukasi, pelatihan, pengenalan, waktu dan lain sebagainya agar dapat menggunakan dan terbiasa dengan Linux Knoppix.

KRITIK DAN SARAN :
a.    Kritik :
Knoppix merupakan system operasi yang stabil namun tetap memiliki sebuah kelemahan dalam hal penggunaan memori saat instalasi bebasis grafis yang membutuhkan memori 96 MB namun tetap merupakan system operasi yang bagus untuk digunakan.
b.    Saran :
Bagi anda yang ingin belajar atau mengetahui cara penggunaan system operasi linux, distro knoppix merupakan pilihan yang paling tepat karna knoppix sangat mudah untuk digunakan dan tidak perlu merubah konfigurasi dari laptop yang sudah pernah terinstal system operasi lain.

KESIMPULAN :
Knoppix salah satu distro yang mudah digunakan oleh pengguna GNU/Linux karena kemudahan dalam pemakaiannya serta tidak perlu melakukan instalasi. Knoppix adalah pilihan yang tepat untuk pengguna yang sekedar ingin tahu dan mengenal Linux serta tidak ingin mengubah konfigurasi komputer sama sekali. Peluncuran distro Knoppix selalu mengenal kernel, aplikasi dan dukungan hardware yang baru dan sangat baik memnbuat Knoppix mudah untuk dikembangakan untuk pendidikan maupun industri.

Daftar Pustaka :



 



2 komentar: